Rating

Cara Menghapus Backlink Buruk untuk Menghindari Efek Spam Melalui Google Disavow Links

cara menghapus backlink buruk menggunakan google disavow links tool

Backlink merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari strategi SEO. Dengan memiliki backlink yang berkualitas bagus, kamu akan merasakan dampak peningkatan yang signifikan terhadap lalu lintas organik. Tetapi sebaliknya, memiliki tautan tidak wajar yang berkualitas buruk akan menghukum situs Anda.

Dalam algoritma Google sudah jelas mengatakan, situs apa pun yang memiliki backlink yang buruk dan memanipulasi tautan yang tidak wajar untuk tujuan peringkat tinggi di search engine akan di hukum oleh Panda. Sistem ini akan mendeteksi dengan membuat tautan spam dan pada akhirnya menurunkan peringkat mereka.

Jika kamu khawatir tentang efek backlink yang buruk terhadap situs Anda, postingan ini akan membantu kamu bagaimana melenyapkan semua tautan tersebut dan menunjukkan kepada Google bahwa kamu memang memiliki situs berkualitas dengan memastikan tidak ada lagi tautan yang buruk itu di situs Anda.

Secara teknis, Backlink yang buruk dapat terjadi karena link yang mengarah dari atau ke situs Anda itu sudah tidak berfungsi lagi. dengan kata lain tautan itu sudah diganti atau dihapus. Bisa juga link yang mengarah ke situs Anda itu nilai DA dan PA nya rendah. Jadi, untuk mengatasi hal tersebut Google sudah menyediakan alat penolakan backlink yang tidak diinginkan bersarang di situs Anda melalui Google Disavow Links Tool.

Cara Menghapus Backlink Buruk untuk Menghindari Efek Spam Melalui Google Disavow Links

Secara singkat, Google Disavow Links memberikan tugas kepada webmaster untuk melaporkan dan mengirimkan penolakan tautan ke Google, sehingga alat ini memudahkan para pengelola situs untuk menyingkirkan tautan berkualitas jelek atau spam.

Pada dasarnya, proses ini sangatlah mudah dan sederhana untuk menyingkirkan semua tautan yang berpotensi mengganggu kinerja situs Anda. So, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Step 1: Buka Google search console Anda >> Search Traffick >> Links to Your Site (Disini kamu akan melihat berapa banyak jumlah link yang menautkan ke situs Anda) >> Silakan download untuk melihat semua daftar tersebut (Kamu dapat mengetuk unduh tabel ini untuk mengekspor sebagai file CSV (lembar Excel) atau Google Documents).

cara hapus backlink buruk 01

Step 2: Buka file hasil unduhan tadi, kemudian periksa tautan mana saja yang menurut kamu berpotensi buruk, mati, atau mengandung spam. Setelah selesai menganalisa semuanya, silakan hapus link berkualitas bagus dan sisakan tautan yang buruk (Karena ini yang nantinya akan kamu ajukan ke penolakan Google) >> Simpan dan ubah file tersebut ke dalam format txt.

Step 3: Masuk ke Penolakan Google >> Pilih alamat situs kamu >> Setelah itu klik tombol berwarna merah.

cara hapus backlink buruk 02

Step 4: Klik lagi disavow links >> Kemudian kamu akan diarahkan kehalaman penguploadan file.

cara hapus backlink buruk 03

Step 5: Ketuk Choose file >> Tunggu sampai proses selesai >> Done.

cara hapus backlink buruk 04

Sampai langkah ini penghapusan backlink yang buruk sudah selesai, dan Kamu akan mendapatkan email konfirmasi setelah file berhasil diunggah. Proses ini biasanya memerlukan waktu 1 minggu atau lebih agar search console memperbarui data dan menghapus tautan yang telah kamu ajukan itu, karena Google akan melakukan pengindeksan dan perayapan ulang halaman tersebut.

Informasi
Pisahkan link dengan koma, dan ubah format file CSV atau Google Document menjadi format txt sebelum kamu mengupload file tersebut ke Disavow Links.

Periksalah backlink secara rutin dan teratur di search console.
Baca Juga: Cara Memasang Backlink Berkualitas Tinggi

Inti Sari

Sejatinya, Google memiliki sistem yang canggih untuk dapat membedakan antara backlink alami dan backlink yang dibuat secara artifisial untuk tujuan meningkatkan PR situs. Tetapi, Google tidak akan memberi tahu kamu tautan mana saja yang bagus atau buruk.

Ketika algoritma menemukan situs yang memiliki banyak backlink dengan kualitas rendah, maka Google akan menghapusnya dari indeks atau menurunkan peringkatnya. Dengan kata lain, situs tersebut akan kehilangan kepercayaan dan peringkat di mata Google. Jadi, penting untuk selalu mengontrol tautan mana saja yang dapat menghukum situs kamu. Jika ada, segera singkirkan dengan cara menganalisanya secara manual setiap tautan itu dan mengajukan penolakan ke Google disavow links.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel