Rating

7 Metode untuk Memperbaiki Kesalahan Duplikat Tag Judul dan Meta Deskripsi di Search Console

cara memperbaiki kesalahan duplikat tag judul dan meta deskripsi
Tips Mengatasi Duplikat Tag Judul dan Meta Deskripsi

Bagi sebagian blogger mungkin pernah mengalami masalah duplikat tag judul dan meta deskripsi ini di Google Webmaster Tools (Search Console). Tetapi Jika kamu tidak menyadarinya, maka kamu perlu membuka dashboard search console >> Tampilan Penelusuran >> html improvements. Di situ Anda mungkin akan menemukan kesalahan duplikat tersebut. Arsitektur search engine akan selalu mendeteksi setiap kesalahan secara detail dan kritis dari halaman blog Anda.

cara mengatasi duplikat meta deskripsi di search console

Blogger secara default menambahkan deskripsi yang sama untuk halaman beranda dan juga untuk semua postingan. Sehingga ini akan akan berdampak negatif pada reputasi blog di SERP dan bot search engine dapat mempertimbangkan konten sebagai duplikat. Karena semua mesin pencarian utama memberi arti penting pada tag meta yang digunakan dengan benar.

Saat Google mendeteksi adanya masalah itu pada blog Anda, maka algoritma Google akan mengelompokan halaman duplikat judul dan deskripsi ke dalam satu kategori yang sama dan memilih URL terbaik untuk mewakili dari kumpulan URL tersebut di hasil pencarian. Algoritma Google dapat menentukan URL duplikat berdasarkan konten favorit dan kepopuleran tautan. Hal ini bertujuan meningkatkan akurasi peringkat halaman di hasil Penelusuran.

Dengan Google search console kamu dapat mengoptimalkan perayapan dan mempercepat tampilnya halaman blog pada search engine. Di alat webmaster kamu juga dapat melihat dan memperbaiki kesalahan ini. Walaupun sekarang kamu belum menemukan masalah seperti ini pada blog Anda, Saya tetap menyarankan untuk mengikuti langkah-langkah ini untuk memastikan pengunjung Anda memiliki pengalaman yang lebih baik, dan kinerja blog yang optimal, serta peringkat yang lebih baik di search engine.
Simak Juga: 3 Cara Jitu Mengatasi Thumbnail Gambar Tidak Muncul di Blogger
Kamu harus menghindari kesalahan-kesalahan seperti ini, karena semakin banyak duplikat konten yang kamu miliki maka semakin buruk halaman tersebut di peringkat search engine. Jadi, apa sebenarnya yang harus dilakukan untuk mengatasi duplikat semacam ini? Berikut beberapa contoh dan solusi untuk memperbaikinya. So, teruslah membaca dan menyimak semua tips khusus ini sampai tuntas.

Langkah 1

Masuk blogger Anda dan edit kustom robots.txt

Langkah 2

Klik Setelan >> Preferensi Penelusuran >> Disana kamu akan melihat Robots.txt Khusus >> Ketuk Edit.

Langkah 3

Masukkan kode berikut ini di Robots.txt Khusus tersebut.
User-agent: Mediapartners-Google* Allow: / User-agent: * Disallow: /search Sitemap: http://www.nama-blog-anda/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Kemudian klik Simpan Perubahan.

Catatan
--> Ganti dengan URL blog Anda.

Langkah 4

Kembali ke Google search console >> Penguji Robots.txt >> Kirim >> Ketuk Minta Google untuk memperbaruinya (pembaruan robots.txt biasanya memerlukan waktu beberapa menit) >> Reload browser kamu >> Jika kode pada kolom penguji Robots.txt sudah berubah seperti kode diatas, berarti file Robots.txt kamu sudah berhasil diperbarui >> Klik Uji Coba >> Kemudian tunggu sesaat (Jika terlihat teks di Izinkan dan berwarna hijau berarti berhasil).

Langkah 5

Buka blogger Anda >> Setelan >> Preferensi Penelusuran >> Pilih Tag Tajuk Robots Khusus >> Klik Edit dan buat perubahan seperti yang ditunjukan gambar dibawah ini.

pengaturan tag tajuk robot khusus
Pengaturan Tag Tajuk Robots Khusus

Langkah 6

Buka dan edit template HTML blog Anda dan temukan kode seperti dibawah ini (Gunakan CTRL+F biar mempermudah dan mempercepat pencarian).
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>

Ganti dengan kode berikut.
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;index&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot; and data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
<b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'>
<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:if>

Langkah 7

Ada 2 kasus yang terjadi jika kamu memiliki halaman yang sama persis atau konten halaman yang sama persis, tetapi dengan URL yang berbeda. Kedua URL tersebut memiliki hak yang sama untuk tampil di search engine. Tetapi google tidak tau mana yang lebih kuat. Untuk itu, kamu bisa memasukan kode berikut di atas tag </head*>
<link rel="canonical" href="link-blog-Anda"/>

Sedangkan untuk Judul postingan yang hampir sama persis, kamu bisa menambahkan kode ini tepat seperti diatas.

<meta name="robots" content="noindex, follow"/>

Kesimpulan

Mempelajari dan mengetahui duplikat tag judul dan meta deskripsi yang sama melalui URL yang berlainan dengan menggunakan parameter URL, Robots.txt dan tag tajuk robots khusus dapat membantu menghapus peringatan duplikat tersebut setelah kamu memperbaiki dan mengindeks ulang, kemudian Googlebot akan mendeteksi perubahan dan menghapus laporan kesalahan dari Google Search Console. Jadi, Itulah langkah mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan jika mengalami problem seperti ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel