Rating

Definisi SEO On-Page dan SEO Off-Page

definisi seo on page dan seo off page
Definisi SEO On-Page dan SEO dan Off-Page

Strategi optimasi search engine dapat dibagi menjadi dua kategori berbeda yaitu, On Page dan Off Page keduanya sangat penting untuk menunjang keberhasilan SEO blog. Tetapi mereka berada di sisi yang berbeda ketika datang untuk meningkatkan peringkat di search engine. untuk memahami perbedaan itu, kamu harus memahaminya pada tingkat dasar, bagaimana algoritma mesin pencarian dapat bekerja dengan baik pada on page dan off page.


Ada dua hal utama yang dilihat mesin pencarian saat mengevaluasi blog Anda dibandingkan dengan blog yang lain. Sederhananya, rangking suatu blog sangat ditentukan oleh faktor-faktor on page, sementara seberapa tinggi peringkat blog kamu dalam hasil pencarian dapat ditentukan oleh faktor off page. Mari kita telusuri lebih jauh bagaimana semua itu dapat mempengaruhi sebuah blog di search engine.

Pengertian SEO On-Page

SEO on page (juga dikenal sebagai "on-site" SEO) adalah tindakan mengoptimalkan bagian-bagian tertentu dari suatu blog / situs yang mempengaruhi peringkat di search engine, dan ini adalah hal yang bisa kamu kendalikan serta dapat dirubah pada blog kamu sendiri.

Faktor Apa saja yang Mempengaruhi SEO On-Page

Berikut ini adalah beberapa faktor terbesar yang dapat mempengaruhinya di peringat hasil pencarian.

  • Keyword: Keyword atau kata kunci sangat penting sebagai landasan optimasi SEO. Baik itu Keyword Density, Long Tail Keyword atau LSI Keyword. jadi penting untuk tetap fokus pada ketiga Keyword tersebut.
  • Meta Deskripsi: Meta Deskripsi adalah deskripsi singkat yang muncul di bawah URL blog Anda pada halaman hasil penelusuran. Deskripsi ini menjejaskan secara singkat tentang halaman postingan kamu. Pastikan untuk memasukkan kata kunci yang tepat dan relevan di area ini, sehingga mereka dapat dibaca oleh search engine.
  • Tag Title: Tag Title mengacu pada judul halaman blog yang terlihat di halaman hasil pencarian. Jadi, masukkan kata kunci bertarget di tag judul setiap halaman di blog Anda. Karena ini adalah kesempatan penting lainnya untuk memasukkan kata kunci yang relevan dan meningkatkan keterlacak-an SEO on page.
  • Atribut Gambar: Setiap sistem manajemen konten harus menambahkan atribut pada gambar "alt, title dan caption". Atribut ini sebenarnya digunakan untuk memahami apa isi yang di maksud oleh gambar tersebut, sehingga memasukkan beberapa kata kunci yang relevan dapat membantu search engine memahami tentang apa gambar yang ada di konten halaman kamu.
  • Struktur URL: Sruktur URL yang terorganisir sangat penting karena memungkinkan search engine merayapi setiap halaman blog dengan lebih mudah. Buatlah kata kunci di URL, karena URL yang mengandung kata kunci dapat membantu search engine merayapi blog Anda dengan cepat dan mudah.
  • Performa Halaman: Google ingin membantu menemukan apa yang orang-orang cari secepat mungkin untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna. Halaman yang membutuhkan waktu lama untuk dimuat atau tidak ditampilkan dengan benar pada seluler akan diberi peringkat lebih rendah di halaman hasil pencarian (SERPs). Oleh karena itu, mengoptimalkan halaman akan lebih cepat membantu peringkat blog lebih tinggi dalam hasil pencarian.
  • Isi Halaman: Konten di halaman blog harus benar-benar bermanfaat bagi orang lain. Jika mereka mencari sesuatu yang terlalu spesifik untuk menemukan halaman kamu, mereka harus dapat menemukan apa yang mereka cari. Sehingga itu memberikan nilai kepada pengguna akhir, karena semakin banyak orang yang mengunjunginya maka halaman blog kamu semakin bernilai dimata search engine.
  • Internal Link: Menghubungkan halaman terkait merupakan faktor penting dari SEO on page. Menautkan ke halaman relevan yang berbeda akan mempermudah mesin pencarian merayapi semuanya, dan juga membuat pengunjung terlibat lebih lama di blog Anda.

Pengertian SEO Off-Page

SEO off page mengacu pada praktik yang kadu lakukan untuk meningkatkan peringkat halaman, serta langkah-langkah yang dapat di ambil untuk mengoptimalkan halaman blog ke peringkat yang lebih tinggi di search engine.

Faktor Apa saja yang Mempengaruhi SEO off-page

Sementara pada SEO on page mengacu pada faktor-faktor yang dapat kamu kendalikan, sedangkan SEO off page mengacu pada faktor yang terjadi di dalam blog kamu sendiri, diantaranya:
  • Backlink: Jumlah dan kualitas backlink adalah faktor terbesar dari SEO ini. Jadi, semakin banyak situs yang terhubung ke konten kamu dan semakin bagus kualitas backlink yang kamu miliki, maka semakin banyak otoritas domain Google memberikan peringkat ke blog kamu.
  • Otoritas Domain: Domain Authority atau Otoritas domain adalah nomor yang diberikan kepada blog Anda oleh search engine untuk menentukan kekuatan blog. Otoritas domain dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya: umur domain (semakin lama semakin baik), riwayat nama domain, jumlah backlink, dan jumlah halaman 404. Dengan mengikuti praktik SEO terbaik, kamu dapat memaksimalkan otoritas domain sehingga dapat meningkatkan peringkat blog di mesin penelusuran.
  • Promosi Media Sosial: Meskipun peringkat halaman tidak terikat langsung pada interaksi di postingan media sosial, tetapi mempromosikan konten di media sosial akan membantu meningkatkan lalu lintas dan menghasilkan banyak backlink ke blog Anda.
Perhatikan Juga: Cara Meningkatkan SEO On-Page dengan LSI Keyword

Kesimpulan

Dengan mengetahui cara kerja SEO on page dan off page, faktor apa saja yang mempengaruhinya, dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengoptimalkannya. Kamu dapat meningkatkan kinerja blog Anda, karena SEO on page dan off page ini harus seiring sejalan demi meningkatkan peringkat yang lebih baik di search engine.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel