Rating

Tips Mengoptimalkan Konfigurasi Feedburner Pada Blog Anda

cara memasang dan mengatur konfigurasi feedburner
Tips Mengoptimalkan Pengaturan Konfigurasi Feedburner

Jika kamu seorang Blogger pemula, tentunya mungkin kamu belum tahu bagaimana caranya menyiapkan Feedburner dan mengatur konfigurasinya dengan optimal, Tetapi jangan khawatir. toturial ini akan membantu kamu bagaimana caranya memasang dan mengoptimalkan pengaturan konfigurasinya di Blogger Anda.


Feedburner dapat meningkatkan banyak pembaca dan pelanggan untuk blog Anda. Jadi, disini kamu akan memahami pentingnya Feedburner itu. Tetapi sebelum menggunakannya, kamu harus tahu lebih jauh tentang apa itu Feedburner dan apa itu RSS feed? bagaimana cara kerjanya? So, mari kita pelajari cara menyiapkan Feedburner untuk Blogger dan cara mengonfigurasinya.

Apa itu RSS Feed?

RSS Feed atau Really Simple Syndication (RSS) adalah ringkasan halaman suatu situs yang menunjukkan atau menampilkan semua konten situs dalam halaman XML atau format XML.

Apa itu Feedburner?

Feedburner adalah layanan Google dalam pengelolaan Feed yang sangat baik, dan pada dasarnya dibuat untuk membantu para blogger. Feedburner memiliki beberapa fitur istimewa yang menjembatani antara konten blog dan pengunjung, agar dapat terjangkau dengan mudah melalui kustomisasi RSS Feed.

Manfaat dari Menggunakan Feedburner

Ada beberapa Manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan layanan feed ini, diantaranya adalah:
  • Feedburner dapat mengoptimalkan setiap feed yang dapat disesuaikan dengan keinginan kamu.
  • Kamu juga dapat melakukan layanan ping otomatis. Fitur ini akan membantu kamu melakukan ping ke semua umpan terbaru secara otomatis.
  • Dengan adanya layanan Subscribe, kamu dapat meningkatkan pelanggan blog Anda.
  • Feed ini juga memberikan kesempatan untuk mengintegrasikan akun Google AdSense Anda.

Cara Mendapatkan Feedburner

Sekarang mari kita menyiapkan Feedburner untuk Blog Anda. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah 1

Karena layanan ini diberdayakan oleh Google, jadi cukup buka Feedburner dan masuk dengan akun Google kamu.

Langkah 2

Masukkan URL blog Anda dalam kotak "Burn a Feed Right this Instant" dan ceklis "I Am a Podcaster" >> Ketuk Next.

mendaftar feedburner 1


Langkah 3

Pada tahap ini, kamu diminta memilih sumber feed >> Pilih feed "Atom".

Langkah 4

Masukkan nama judul dan alamat Feed Anda (kamu bisa membuat nama blog atau apa saja). Untuk alamat feednya, kamu bisa melihat contoh gambar di bawah ini.

mendaftar feedburner 2


Langkah 5

Klik pada tombol Next dan Feed kamu akan aktif.

Catatan
Catat alamat URL Feedburnernya


Cara Memasang Feedburner di Blogger

Setelah kamu berhasil menyiapkan alamat URLnya. Sekarang, kamu dapat mengarahkan RSS Feed default Anda ke Feedburner. Selanjutnya kamu tinggal memasangnya di blogger dan caranya cukup mudah, contohnya seperti ini.

Login ke akun blogger Anda >> Setelan >> Lainnya.

Disana kamu akan melihat "URL Alihan Feed Postingan" (masukkan Alamat URL Feedburner yang sudah kamu buat barusan) >> Klik tambahkan >> Simpan perubahan dan selesai.

cara memasang feedburner di blogger


Sekarang, kamu telah berhasil mengalihkan RSS Feed ke Feedburner. Dengan begitu, blog Anda sudah terintegrasi dengan layanan tersebut dan kamu juga dapat menambahkan widget Subscribe untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Cara Mengatur Konfigurasi FeedBurner untuk Mendapatkan Hasil yang Optimal

Untuk membuat layanan ini lebih mudah digunakan dan di optimalkan dengan benar, mari kamu ikuti caranya dibawah ini:

Masuk ke akun Feedburner Anda dan klik feed blog yang telah dibuat tadi. Kamu akan di arahkan ke halaman "Analyze". Di halaman ini kita akan mengatur konfigurasinya.

Konfigurasi Bagian Optimize

Ada dua bagian fitur utama yang dapat di konfigurasi agar tampil maksimal yaitu "Optimize" dan "Publicize". Jadi klik pada tab "Optimize" terlebih dahulu.

 konfigurasi feedburner 3


Browser Friendly

Klik pada Browser Friendly, pada fitur ini kamu bisa memasukkan pesan pribadi singkat dengan mengklik kotak centang dan klik tombol Activate.

konfigurasi feedburner 1


SmartFeed

Aktifkan fitur SmartFeed ini untuk membuat feed kamu lebih fleksibel bagi pengguna.

Feed Image Burner

Personalisasikan halaman Feedburner Anda dengan memberikan gambar kustom. Kamu bisa memasukkan alamat URL gambar logo blog atau bisa juga membiarkannya secara default gambar tersebut.

konfigurasi feedburner 2


Summary Burner

Aktifkan fitur ini untuk menampilkan jumlah karakter dan kutipan postingan di halaman utama pada Feedburner kamu. Menampilkan ringkasan dan meminta untuk membaca lebih banyak akan meningkatkan peluang untuk menggerakkan pengunjung dari Feedburner ke blog Anda.

konfigurasi feedburner 3


Konfigurasi Bagian Publicize

Setelah selesai mengatur pada bagian Optimize, sekarang kita beralih ke pengaturan bagian Publisitas.

Email Subscribe

Ini adalah fitur yang paling menarik dan penting dari Feedburner. Email subscribe akan memungkinkan pengunjung untuk berlangganan dan mendapatkan pemberitahuan tentang aktivitas terbaru di blog Anda melalui email.

PingShot

Dengan mengaktifkan fitur ini, PingShot akan memberi tahu banyak layanan berbasis web tentang perubahan terbaru pada blog Anda.

NoIndex

Feedburner memiliki PageRank yang tinggi sehingga Feed Anda akan terindeks lebih cepat daripada konten blog. Hal ini dapat membahayakan SEO Anda. jadi, aktifkan layanan ini untuk menghindari pengindeksan oleh search engine pada Feedburner..

konfigurasi feedburner 4

Pantau Juga: Ingin Memasang Template Bootstrap di Xtgem, Begini Caranya!

Kesimpulan

Feedburner mengindikasikan setiap postingan blog dengan cara sederhana, sehingga dapat membantu search engine merayapi setiap konten agar terekspose lebih cepat. So, itulah tips mudah tentang cara mengoptimalkan konfigurasi Feedburner pada Blog Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel