Rating

Pengertian Plagiarism Dalam Dunia Blogging

pengertian plagiarisme dalam dunia blogging
Pengertian Plagiarisma dalam Dunia Blogger

Plagiarisme atau penjiplakan Konten tersebar luas di internet. Ada sejumlah alasan mengapa orang-orang melakukan Plagiarisme ini. Apakah itu karena blogger pemula yang berpikir menyalin konten ke blog mereka sendiri adalah cara cepat dan mudah untuk meningkatkan peringkat di mesin pencarian, atau karena spammer yang membuat situs web palsu untuk menjual tautan (Link). Kebanyakan orang yang berpikir; mengapa repot-repot menulis artikel sendiri ketika ada seseorang yang telah melakukannya dan menjadikannya jauh lebih baik.

Meskipun sebagian besar dari kita memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara menghindari pelanggaran hak cipta yang menyangkut atribut gambar, teks dan tulisan. Baik jenis yang disengaja atau tidak disengaja itu akan selalu ada. Dan pada postingan ini Saya akan membahas apa yang di maksud dengan plagiarisme itu dan bagaimana cara mencegahnya dengan segala cara. Artikel ini mencakup berbagai aspek plagiarisme, bagaimana cara menghindarinya dan alat apa yang harus kamu gunakan untuk mencegah plagiarisme itu. Jadi, mari kita simak lebih jauh.

Definisi Plagiarisme Menurut para Ahli

Kamu mungkin telah membaca atau mendengar bahwa plagiarisme atau plagiat adalah pelanggaran akademik yang serius dan suatu bentuk ketidakjujuran intelektual terhadap suatu konten. Tapi kamu mungkin masih bertanya-tanya, apa tepatnya plagiarisme itu? Plagiarisme adalah tindakan penjiplakan suatu karya orang lain atau gagasan orang lain seolah-olah itu adalah karya atau gagasan kamu sendiri. Dengan kata lain, mengcopy artikel orang lain dan tidak memberikan kredit sumbernya. Merriam Webster mendefinisikan kata kerja plagiat dengan cara ini: "untuk mencuri dan penyimpangan ide atau kata-kata orang lain sebagai milik sendiri menggunakan produksi orang lain tanpa mengkreditkan sumbernya".

Tipe Tipe atau Jenis Plagiarisme

1. Complete Plagiarisme: Menyalin semua artikel atau konten orang lain secara penuh (Mengcopy semua artikel tanpa di edit) dan mempublikasikannya ke blog sendiri.

2. Partial Plagiarisme: Menyalin beberapa atau sebagian artikel atau konten orang lain dan menyelinginya dengan tulisan kamu sendiri.

3. Lazy Plagiarisme: menyalin dan mengcopy konten dari sumber yang berbeda dan menggabungnya kedalam konten sendiri.
¤Baca Juga: Mengetahui Tugas dan Fungsi dari Google Panda, Google Penguin, dan Hummingbird dalam Google Algoritma

Cara Menghindari Plagiarisme

Lalu bagaimana cara menghindari plagiarisme dalam konten Kamu? Berikut ini beberapa kiat yang akan membantu Anda tetap berada di sisi yang tepat dan benar dalam pembuatan konten.

1. Luangkan Waktu: Merencanakan cukup waktu untuk proses penulisan dan pengeditan konten (Usahakan jangan terlalu cepat mempublikasikan postingan, mininal seminggu sekali).

2. Melacak sumber: Jika kamu menggunakan informasi dari orang lain, catat dan buat tautan ke mereka saat menulis atau sertakan link sumber dalam konten Anda.

3. Baca lebih dari satu sumber: Jangan batasi diri Anda dalam meriset suatu konten. jika kamu mendasarkan semua ide pada satu bagian saja. Maka konten yang akan dibuat rentan terindentifikasi plagiarisme. Jadi, baca dan pelajarilah sebanyak yang kamu bisa.

4. Atribut: Jika kamu berencana memasukkan ide dari sumber lain, buatlah ungkapan dengan kata-kata kamu sendiri, Misalnya "Kamu membuat gambar yang sama dengan sumber lain, maka sertakan atribut alt, title dan caption dengan kata yang berbeda". Hal ini tidak hanya membebaskan dari tuduhan plagiarisme tetapi juga merupakan ide yang baik dalam hal SEO.

5. Cek Konten: Cara terbaik untuk memastikan Anda tidak menjiplak konten orang lain adalah dengan memeriksanya. Ada banyak situs penyedia Plagiarisme Checker generator seperti: smallseotolls.com dan plagiarismdetector.net, Dan kamu bisa mengujinya disana.

Kesimpulan

Meskipun Kita tahu, hampir tidak mungkin untuk tidak memiliki kata-kata yang serupa di luar sana. mengingat berapa banyak blog yang menerbitkan postingan setiap hari / minggunya. tetapi Kita harus melindungi blog Kita sendiri dari tuduhan plagiarisme yang tidak disukai oleh alogaritma mesin pencarian.

Itulah pengertian singkat dari Plagiarisme, kiat kiat menghindarinya dan alat untuk mendeteksinya. semoga Artikel ini bermanfaat dan jika kamu ingin menambahkan sesuatu tentang artikel ini, silakan berkomentar dibawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel